Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Diena San Fauziya, M.Pd.

Artikel Umum

Manajemen Pengelolaan Badan Pengelolaan Usaha Perguruan Tinggi

Dipublikasikan pada : 7 Agustus 2017. Kategori : .

Sebagai PT yang berstatus BLU, Unesa wajib memberdayakan asset yang dimiliki untuk meningkatkan PNBP. Maka dari itu, BPU bersemangat untuk menjaga dan memelihara asset Unesa serta meningkatkan PNBP dan profesionalisme bidang usaha. BPU ini adalah lembaga di bawah rektor yang setara dengan fakultas. Struktur organisasinya meliputi kepala, sekretaris, bendahara, dan staff. Unit-unit usaha yang ada di bawah BPU meliputi unit usaha bidang produksi, unit usaha bidang jasa, UPT/laboratorium dan usaha lain seperti gedung serbaguna dan kolam renang yang memang menghasilkan profit.

Usaha bisnis Unesa di bidang jasa meliputi poliklinik, Pusat Bahasa Inggris, Pusat Bahasa Mandarin, Rusunawa, Lab School, PAUD, TK, penitipan anak, SMP, SMK, dan kantin. Sementara unit usaha di bidang produksi meliputi Unipress, foodcourt, dan Air Unesa. Adapun unit usaha UPT, lab dan unit lain meliputi kolam renang dan Surabaya Sport Fitness Cener (SSFC), Lab MIPA dan Teknik, lapangan olahraga, Student Center, pemberdayaan sarana dan prasaran serta kemitraan, bidang jasa dan ide kreatif, serta layanan lain yang menghasilkan profit.

Pengelolaan anggaran di BPU ini pada intinya setiap pelaksanaan unit usaha harus dapat memberikan kontribusi kepada Unesa dan seluruh pemasukan unit dimasukkan ke rekening Unesa. Selain itu, pencairan dan penggunaan dana melalui prosedur RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran). BPU juga menjadi jembatan dalam mekanisme pengajuan barang dan inventaris yang dibutuhkan oleh unit usaha. Pelaporan keuangan setiap unit usaha dibuat setiap bulan sebagai kontrol pertanggungjawaban.

Magang Dosen Dikti 2017