Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Diena San Fauziya, M.Pd.

Artikel Umum

Melaksanakan Pembelajaran dengan Edmodo

Dipublikasikan pada : 18 Juli 2017. Kategori : .

Melaksanakan Pembelajaran dengan Edmodo
Edmodo adalah salah satu aplikasi edukasi semacam kelas virtual untuk pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti kelas tatap muka ataupun tambahan. Dilihat dari fungsinya, aplikasi ini dapat dikategorikan sebagai salah satu media e-learning yang dapat memberikan pembelajaran bagi siswa di mana pun dan kapan pun tanpa terbatas ruang dan waktu.
Aplikasi ini dapat diunduh dari telepon genggam berbasis android maupun langsung dengan komputer/laptop. Jika menggunakan telepon berbasis android, kita tinggal mengunduhnya melalui play store dan langsung terpasang secara otomatis. Jika kita menggunakan laptop, kita dapat masuk ke laman https://www.edmodo.com

Dalam laman edmodo, kita perlu mendaftar terlebih dahulu, tinggal klik saja kolom status pendaftar kita, apakah kita sebagai guru, siswa, atau orang tua. Sebagai contoh, dosen kita dapat mendaftar sebagai guru, maka klik kolom Saya guru. Selanjutnya, kita masukkan email dan sandi. Setelah dapat akun, kita dapat mengelola kelas dengan terlebih dahulu membuat kelas virtual dan membagikan kode kelas kepada siswa/mahasiswa untuk dapat bergabung di kelas kita. Yang perlu dilakukan siswa/mahasiswa adalah juga membuat akun sebagai siswa. Pada dasarnya, edmodo ini tampak seperti media sosial semacam Facebook, namun lebih tertutup.

Aplikasi ini sebetulnya sudah lama ada, namun kami baru mengetahuinya saat berdialog dengan dosen magang dari Universitas Batanghari, Jambi. Berdasarkan informasi dari Mbak Nur (dosen magang dari Universitas Batanghari), aplikasi ini digunakan oleh para dosen di sana berdasarkan anjuran dari Kopertis X. Dari pelatihan yang diselenggarakan Kopertis X, aplikasi virtual seperti Edmodo dapat digunakan sebagai pengganti tatap muka maksimal 40%.

(Hasil sharing dosen magang Unesa, 17 Juli 2017)