Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Diena San Fauziya, M.Pd.

Artikel Umum

Hasil Koordinasi Pembukaan dan Serah Terima Program Dosen Magang Unesa 2017

Dipublikasikan pada : 20 Juli 2017. Kategori : .

Pertemuan koordinasi pembukaan dan serah terima program dosen magang Unesa 2017 ini dipimpin Wakil Rektor 4, yakni Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt. serta dihadiri oleh Rektor, yakni Prof. Dr. Warsono, M. S., Wakil Rektor 1, yakni Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si. Pertemuan ini juga dihadiri Bapak Martadi, Ibu Mila, Ibu Tsurroya, para dekan, ketua prodi, serta ketua jurusan.
Prof. Dr. Warsono, M. S., selaku rektor Unesa menceritakan secara singkat perubahan IKIP menjadi Unesa. Beliau juga menerangkan bahwa sejak 2009 Unesa merupakan PT BLU dan belum menjadi PT BH. Sebagai PT BLU, Unesa memiliki kewajiban di antaranya memberikan remunerasi, yakni gaji tambahan dari dana PT itu sendiri.
Manajemen rektor BLU mengemban setidaknya tiga tugas utama, yakni sebagai KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) yang bertugas melaksanakan dan mengelola aset berdasarkan hukum dan angggaran; sebagai entreupeneur yang mencari serta menyiapkan dana; serta mengemban tugas akademik, yakni melaksanakan tridharma, meliputi pengajaran dan pendidikan, penelitian, serta pengabdian sebagai upaya meningkatkan kualitas output.
Dari paparan rektor Unesa juga diperoleh informasi yang terkatagori baru bagi kami sebagai peserta magang dosen, yakni bahwa ada tiga tingkatan status pengelolaan perguruan tinggi, meliputi satker, BLU, dan BH. Perbedaannya adalah satker tidak memiliki kewenangan dalam mengelola anggaran dan akademik secara mandiri; BLU memiliki kewenangan dalam mengelola keuangan secara mandiri, tetapi tidak dalam mengelola akademik, sementara BH memiliki kewenangan mandiri dalam mengelola keuangan dan akademik. Unesa memiliki target agar dapat segera menjadi PT BH serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja dan program dan melahirkan research publish internasional.
Dalam pertemuan itu juga, Bapak Prof. Dr. Warsono, M. S. menekankan bahwa tugas seorang dosen meliputi tridharma, utamanya penelitian. Melalui penelitian, dosen dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikan. Jika tidak meneliti maka bahan yang diajarkan bersifat out of date. Maka dari itu, hasil penelitian selayaknya ditransfer atau ditransformasikan menjadi bahan ajar.
Dalam akhir pengarahannya, beliau menyampaikan motto kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas.

*Untuk informasi lanjut mengenani satker, PT BLU, PT BH dapat mengunjungi laman http://www.kopertis12.or.id/2016/05/16/seputar-ptn-bh-ptn-blu-ptn-satker-dan-ptn-baru.html

(Hasil koordinasi pembukaan dan serah terima dosen magang, 19 Juli 2017)