Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Diena San Fauziya, M.Pd.

Artikel Umum

Akses Referensi melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Dalam Jaringan

Dipublikasikan pada : 18 Juli 2017. Kategori : .

Akses Referensi melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Dalam Jaringan

Bagi seorang akademisi, kegiatan mengakses referensi merupakan hal yang wajib dilakukan. Siswa, guru, mahasiswa dan juga dosen adalah pelaku-pelaku akademik yang tentu dituntut untuk menghasilkan karya tulis secara berkala. Untuk dapat memenuhi tuntutan itu, hal yang wajib dilakukan adalah mencari referensi.
Pada era teknologi yang semakin berkembang canggih ini, mengakses referensi tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit karena semua referensi sudah dapat diperoleh dengan hanya duduk-duduk santai. Kita tidak perlu lagi bersiap dan berdandan serta menempuh jarak berkilo-kilo meter dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai ke perpustakaan yang penuh buku dan referensi lain. Banyak laman-laman buku elektronik ataupun jurnal yang dapat kita akses, begitu pun dengan perpustakaan-perpustakaan daring, salah satunya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).
PNRI sebagai pusat perpustakaan untuk seluruh Indonesia dengan mudah dapat kita kunjungi melalui laman http://e-resources.perpusnas.go.id/ namun sebelumnya kita diharuskan sudah memiliki nomor anggota PNRI.

Cara menjadi anggota PNRI
PNRI dapat diakses oleh siapa pun juga dan bersifat gratis. Caranya, terelebih dahulu kita mendaftar menjadi anggota dengan masuk ke laman http://keanggotaan.pnri.go.id/. Berikut ini langkah-langkah untuk menjadi anggota PNRI.
1. Membuka laman http://keanggotaan.pnri.go.id
2. Membaca ketentuan-ketentuan dan klik Lanjutkan Pendaftaran
3. Mengisi form yang telah disediakan, kolom yang bertanda (*) artinya wajib diisi
4. Mencentang kolom pada pernyataan “Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk menaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI”
5. Klik Daftar

Setelah semua langkah terselesaikan maka kita akan mendapat nomor keanggotaan dan nomor itulah yang menjadi kunci untuk dapat mengakses berbagai referensi di PNRI. Yang penting untuk diperhatikan, kita wajib mencatat nomor keanggotaan itu.

Cara Mengakses Referensi
PNRI sebagai pusat perpustakaan melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources). Setelah masuk ke PNRI dengan nomor keanggotaan dan password ketika mendaftar, kita dapat mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya, termasuk mengakses buku-buku elektronik dari berbagai penerbit dan jurnal-jurnal daring. Ada banyak jurnal daring yang tersedia di PNRI yang dapat kita akses secara bebas. Untuk mengaksesnya, kita tinggal klik logo referensi dan memasukkan kata kunci yang diinginkan, setelah itu akan muncul tulisan-tulisan sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan, kita tinggal memilih yang sesuai. Untuk mengunduhnya kita tinggal klik ‘download PDF’.
Untuk lebih memudahkan pencarian referensi ke seluruh terbitan elektronik, PNRI memberikan layanan praktis berupa mesin pencarian. Kita tinggal memasukkan kata kunci di dalam kolom pencarian dan klik search.

(Hasil sharing magang dosen, 14 Juli 2017)